6 langkah yang harus dilakukan ketika pecah ban dan cara mencegahnya

Kecelakaan di jalan memiliki banyak alasan. Bukan hanya faktor internal, seperti ketidakpatuhan terhadap rambu-rambu lalu lintas atau gaya mengemudi yang kurang hati-hati, tetapi faktor eksternal seperti kondisi jalan dan kendaraan juga dapat menyebabkan kecelakaan di jalan. Salah satu faktor eksternal yang sering menyebabkan kecelakaan adalah kegagalan ban selama perjalanan.

Untuk mengatasi situasi berbahaya ini, perlu untuk tetap tenang agar dapat mengelolanya dan meminimalkan risiko langsung sehingga pengemudi dan penumpang tetap aman. Ban yang rusak tentu akan membuat panik pengemudi dan membuat mobil dalam kondisi yang tidak menguntungkan atau bahkan di dekat zona bahaya.

Apa yang harus dilakukan pengemudi ketika ban rusak?

  1. Untuk mengurangi kecepatan kendaraan, lepaskan pedal akselerator secara perlahan. Jangan lakukan ini tiba-tiba karena ban mobil tidak menempel sempurna ke aspal.

    2. Yang terpenting jangan panik. Ketika ban lepas, pengemudi biasanya shock dan kendaraan bergetar. Pada titik ini, pengemudi harus dapat mengendalikan kendaraan alih-alih panik.

    3. Jaga setir atau setir ke arah yang tersempit dan jaga agar mobil di arah yang benar. Segera putar sinyal belok kiri untuk memindahkan mobil ke tepi jalan.

    4.Langkah selanjutnya adalah menghindari menggunakan rem dan menjaga kaki Anda dari pedal rem.

    5.Setelah parkir, hidupkan lampu peringatan bahaya sehingga pengemudi lain tahu bahwa ada masalah dengan kendaraan Anda.

    6.Cegah kerusakan ban Segera setelah tepi jalan, hidupkan lampu peringatan bahaya dan mulai rem segera sampai mobil berhenti.


Jaga setir atau setir ke arah yang tersempit dan jaga agar mobil di arah yang benar. Segera putar sinyal belok kiri untuk memindahkan mobil ke tepi jalan.
Segera setelah tepi jalan, hidupkan lampu peringatan bahaya dan mulai rem segera sampai mobil berhenti.
Setelah parkir, hidupkan lampu peringatan bahaya sehingga pengemudi lain tahu bahwa ada masalah dengan kendaraan Anda.
Cegah kerusakan ban

Untuk mencegah ban pecah, ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti:

Jangan menekan rem dengan keras. Pengereman mendadak akan memajukan bobot mobil, dan setir lebih menarik bagi ban yang rusak, yang dapat menyebabkan pembalikan mobil.
Periksa tekanan ban secara teratur, terutama sebelum perjalanan panjang. Selain ban, bengkel resmi Suzuki juga menyediakan perawatan rutin. Karena itu, sangat disarankan agar kendaraan aman dan optimal saat berkendara.
Semoga informasi di atas bermanfaat!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply